
Sekilas tentang Program Pengembangan Merek
Program Pelatihan Pengembangan Merek merupakan inisiatif Kementerian Perdagangan untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha ekspor melalui branding. Para pelaku usaha diberi kesempatan untuk melakukan rebranding dengan panduan dari konsultan ahli marketing. Selama 3 hari, pelaku usaha akan difasilitasi oleh Kementerian Perdagangan dan konsultan untuk menjabarkan brand identity mereka yang kemudian akan dibentuk menjadi brandbook. Selain memfasilitasi pelaku usaha dengan pemahaman pengembangan merek, seleksi 50 pelaku usaha terbaik juga dilakukan untuk ikutserta persiapan ekspor lebih lanjut.
Rangkaian Kegiatan
Serangkaian kegiatan yang terdiri dari Seminar dan Seleksi Awal, Kunjungan Usaha, dan Workshop Pengembangan Merek diadakan di 5 kota yaitu Medan, Mataram, Purwokerto, Serang, dan Batam.
Seminar & seleksi awal
Program Pelatihan Pengembangan Merek merupakan inisiatif Kementerian Perdagangan untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha ekspor melalui branding. Para pelaku usaha diberi kesempatan untuk melakukan rebranding dengan panduan dari konsultan ahli marketing. Selama 3 hari, pelaku usaha akan difasilitasi oleh Kementerian Perdagangan dan konsultan untuk menjabarkan brand identity mereka yang kemudian akan dibentuk menjadi brandbook. Selain memfasilitasi pelaku usaha dengan pemahaman pengembangan merek, seleksi 50 pelaku usaha terbaik juga dilakukan untuk ikutserta persiapan ekspor lebih lanjut.
Kunjungan Usaha
Pada hari kedua, tim melakukan verifikasi dengan mengunjungi tempat usaha UKM yang lolos seleksi pada tahap I.
Workshop
Pada hari ketiga, kegiatan dilanjutkan dengan workshop dengan menggunakan tools yang telah tersedia untuk menformulasi strategi pengembangan merek untuk masing-masing pelaku usaha. Berdasarkan hasil Workshop, pelaku usaha akan diseleksi kembali sehingga akhirnya terpilih pelaku usaha yang akan mendapatkan fasilitas pengembangan merek berupa logo baru, dan brand book.