Skip to main content

Kemendag Selenggarakan Good Design Indonesia Bekerja sama dengan Good Design Award

Good Design Indonesia 2017

Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) menyelenggarakan Good Design Indonesia sebagai bagian program kegiatan dari Indonesia Design Development Centre (IDDC) dan bentuk dukungan konkrit terhadap dunia pengembangan produk Indonesia yang berorientasi desain kepada pasar global untuk mendorong dan memotivasi para pelaku usaha.

Good Design Indonesia (GDI) merupakan adaptasi dari model seleksi desain “G-Mark” Jepang yang telah dikenal dengan baik secara global. Simbol GDI diharapkan sebagai sebuah pengakuan yang diberikan kepada hasil karya desain terbaik Indonesia untuk memperkenalkan kualitas dan desain tersebut ke dunia luarGDI2017 adalah kegiatan yang pertama kali diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan ini merupakan hasil kerjasama antara DJPEN dengan Japan Institute of Design Promotion (JDP) dan Japan External Trade Organization (JETRO) dalam bidang penjurian dan pengembangan sistem kolaborasi penghargaan desain dengan mengundang juri ahli dari Good Design Award Jepang serta melakukan promosi GDI untuk diterima di pasar internasional. Good Design Award dahulu dikenal dengan “G-Mark” merupakan satu-satunya sistem penganugerahan desain di Jepang, JDP dan METI sejak tahun 1957 telah melaksanakan kompetisi Good Design Award yang telah menjadi pedoman bagi masyarakat global akan proses evaluasi desain yang baik dan diikuti oleh lebih dari 44 negara, dimana setiap tahunnya lebih dari 4000 desain diseleksi dan 1200 lebih mendapatkan penghargaan. Kerja sama serupa juga dilakukan dalam membangun sistem kolaborasi di Thailand, India dan Singapura.

Pada tahun ini GDI akan melakukan penjurian terhadap 6 kategori produk diantaranya Transportasi, Homedecor & Furnitur, Elektronik, Peralatan Rumah Tangga & Kantor, Aksesoris & Gaya Hidup, Grafis & Kemasan. Sebagai sebuah seleksi desain, keuntungan dengan mengikuti GDI adalah kepada 30 pemenang terpilih nantinya akan dapat meggunakan simbol GDI sebagai pengakuan terhadap contoh desain yang baik, selain itu para pemenang juga mendapatkan kesempatan khusus sebagai bagian dari kerjasama DJPEN dan JDP untuk langsung lolos ke tahap ke dua seleksi Good Design Award untuk berkompetisi mendapatkan “G-mark”.

Program GDI ini terbuka bagi perusahaan dan desainer yang mendaftarkan ingin produknya secara online melalui tautan website http://id-designmark.org, dengan ketentuan memenuhi 2 dari 3 syarat utama produk yang akan didaftarkan; Didesain oleh Desainer Indonesia; Dibuat di Indonesia dan atau Dijual di Indonesia. Produk yang didaftarkan saat ini harus sudah beredar di pasar maksimal dari tahun 2015 atau akan diedarkan paling lambat 1 April 2018.

Foto berita
Gedung BBPPEI:
Jl. Letjen S Parman No.112
Grogol - Jakarta Barat 114400
Whatsapp: (62) 08777 002 8008
Telp: (62) 08777 002 8008
Email: ditp2e@gmail.com
Hak Cipta 2016 milik IDDC