Skip to main content

Kurasi Red Dot Awards

The Red Dot Award: Product Design 2016 merupakan kompetisi desain internasional yang diberikan kepada produk terbaik setiap tahunnya. Dimulai sejak tahun 1955 dikelola oleh Design Zentrum Nordrhein Westfalen, Jerman yang diikuti oleh 17000 produk dalam 31 kategori setiap tahunnya. Sesi penjurian dari kompetisi ini akan dilaksanakan pada bulan Februari 2016. Adapun pengumuman dari hasil penjurian untuk merebutkan label “Red Dot”, sebagai simbol internasional untuk kualitas desain yang diakui dunia dilaksanakan pada bulan Juli 2016.

Kegiatan kurasi produk telah dilaksanakan pada pada 26 Januari 2016 di Ruang Rapat Indonesia Design Center, Gedung Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia.

Tujuan kegiatan ini adalah melakukan seleksi produk yang memiliki peluang di pasar ekspor dan memenuhi kriteria untuk diikutsertakan dalam kompetisi Red Dot Award: Product Design 2016 berdasarkan keunggulan komperatif yang dimiliki dengan kriteria inovasi, kualitas, fungsionalitas dan kompabilitas ekologi. 

Kurasi dilakukan oleh tiga tenaga ahli desain yakni Yos S. Theosabrata dari Pusat Desain Nasional, Adhi Nugraha (Ketua Umum Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia) dan Agus Windharto (Profesor Desain pada Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Dari 8 perusahaan yang dikurasi produknya dengan menganalisa aspek yang meliputi: Aspek Produk, Aspek Pemasaran dan Aspek Desain. Kegiatan kurasi dilakukan dengan didahului presentasi deskripsi mengenai produk, dan konsep desain produk dari peserta selama 10 menit kemudian dilanjutkan dengan wawancara dan pengamatan terhadap produk, satu persatu kepada para peserta.

Berdasarkan hasil kurasi Secara keseluruhan, hasil kurasi produk Desain Produk telah terpilih 6 perusahaan yang direkomendasikan untuk difasilitasi dalam pendaftaran Red Dot Award: Product Design 2016 yaitu KARSA Showroom and Studio, krésékA, PT. Berca Sport Indo, AlvinT, PT. Cityneon Prima dan Studio Kita. 

Event photos
Gedung BBPPEI:
Jl. Letjen S Parman No.112
Grogol - Jakarta Barat 114400
Whatsapp: (62) 08777 002 8008
Telp: (62) 08777 002 8008
Email: ditp2e@gmail.com
Hak Cipta 2016 milik IDDC