TENTANG

GOOD DESIGN INDONESIA

Mengenai Good Design Indonesia

Good Design Indonesia (GDI) adalah ajang penganugerahan berskala nasional yang diberikan kepada karya-karya desain terbaik di Indonesia. Program ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN), Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, sejak 2017. Para pemenang GDI dibagi menjadi tiga kategori, yaitu GDI of the Year, GDI Best dan GDI. Semua produk pemenang GDI menerima sertifikat pemenang.

Untuk pemenang GDI of the Year dan GDI Best, selain menerima sertifikat yang ditandatangani oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, mereka juga meraih trofi GDI dan difasilitasi untuk berpartisipasi dalam ajang Good Design Award atau G-Mark di Tokyo, Jepang.

Prestasi yang diperoleh oleh pemenang GDI tidak hanya terbatas pada piala, sertifikat, dan peluang untuk ikut serta dalam pameran nasional atau internasional. Lebih jauh, GDI merupakan platform bagi para pelaku bisnis dan desainer Indonesia menuju pasar global melalui pengembangan desain produk.


Kolaborasi JDP - Kementerian Perdagangan

Kolaborasi antara Japan Institute of Design Promotion (JDP) dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia cq. Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) diinisiasi pada tahun 2017, berdasarkan Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Presiden JDP dan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional. Kolaborasi ini bertujuan untuk mengembangkan potensi sektor desain di Jepang dan Indonesia.

Salah satu kolaborasi antara JDP dan DJPEN adalah implementasi Good Design Indonesia (GDI), yang terhubung dengan Good Design Award melalui program Jury Exchange. Dalam hal ini, JDP menugaskan perwakilan dari Tim Juri GDA untuk berpartisipasi pada proses penjurian GDI tahap ke-2 di Jakarta. Sebaliknya, DJPEN juga menunjuk salah satu perwakilan Tim Juri GDI untuk mewakili Indonesia dalam proses seleksi GDA tahap ke-2.

Melalui kerjasama antara JDP dan DJPEN, para pemenang GDI of the Year dan GDI Best secara otomatis dinyatakan lulus tahap pertama dari penjurian GDA dan berhak mengikuti proses penjurian tahap kedua di Tokyo. Pada November 2019, JDP dan DJPEN telah menandatangani kembali Nota Kesepahaman yang diperbarui, untuk melanjutkan kerja sama yang telah terjalin antara kedua lembaga.