PEMENANG KONTES DESAIN TROFI

GOOD DESIGN INDONESIA

Pemenang Kontes Desain Trofi GDI

Terinspirasi dari bentuk obor, seorang arsitek Arleta Rachma Wibowoputri, menghadirkan sebuah desain trofi GDI (Good Design Indonesia) yang menggambarkan sebuah perayaan atas suatu keberhasilan, sekaligus sinar terang dari sebuah upaya berkelanjutan menuju kesuksesan berikutnya. Selain ergonomis untuk digenggam, desain trofi ini juga tak lekang oleh waktu (timeless) hingga 10-20 tahun ke depan.

Penempatan logo GDI pada puncak trofi, juga mencerminkan posisi GDI sebagai sebuah ajang desain yang berbeda dari ajang penganugerahan serupa lainnya di Indonesia. Sementara pemilihan warna emas (gold) pada logo GDI, semakin memperkuat visi GDI sebagai platform bagi desainer dan pelaku usaha Indonesia menuju pasar global, yang pada muaranya diharapkan dapat berkontribusi pada kemakmuran ekonomi Indonesia.

Pemanfaatan material marmer sebagai salah satu hasil alam utama Indonesia, mendukung upaya optimalisasi potensi dan kearifan lokal bangsa. Sifat marmer yang tahan lama, juga menambah keunggulan desain trofi ini. Selanjutnya, penambahan warna merah pada tulisan Good Design Indonesia yang kontras dengan warna marmer putih, akan semakin menampilkan keindahan bendera bangsa sebagai simbol semangat untuk terus berkarya.

Tim Juri yang terdiri dari Jacob Silas Mussry (Deputy Chairman Mark Plus Inc.), Adhi Nugraha (Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia), dan Joko Dwi Avianto (Pematung), juga berpandangan bahwa desain trofi ini menyerupai tongkat estafet, yang memberi harapan pada pemenang GDI di tahun-tahun mendatang. Selain itu, desain tersebut juga bisa dianalogikan sebagai teropong agar mampu melihat peluang pasar dan tren desain masa depan.

Kementerian Perdagangan melalui Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional mengucapkan selamat kepada Arleta Rachma Wibowoputri sebagai pemenang Kontes Desain Trofi GDI, atas karya desainnya yang memenuhi nilai-nilai estetika, artistik, modern, ergonomis dan kontemporer.

Download Dokumen PDF