Pendaftaran

Kualifikasi Pendaftaran

Yang berhak mendaftar adalah :

  1. Perusahaan/desainer dengan menyertakan surat pernyataan kepemilikan produk.
  2. Desainer, dengan menyertakan surat perjanjian kerjasama dari perusahaan yang memiliki hak produksi. Desainer dapat mendaftar atas nama desainer perusahaan, kelompok desainer, tim desainer dalam perusahaan, atau perseorangan.

Peserta dapat mendaftar lebih dari 1 produk, namun tidak lebih dari 4 produk dan harus mempersiapkan semua dokumen secara terpisah.

Produk yang didaftarkan saat ini sudah beredar di pasar maksimal dua tahun.

Syarat dan Ketentuan

  1. Semua proses pendaftaran dilakukan secara online mulai dari tanggal 2 Januari sampai dengan 31 Maret 2020.
  2. Pendaftar, baik perusahaan maupun desainer, dapat mendaftarkan tidak lebih dari 4 produk yang didaftarkan melalui e-form terpisah (4 produk berarti 4 kali mengisi form yang sama).
  3. Produk yang didaftarkan adalah salah satu dari 18 kategori produk. Dimana produk tersebut merupakan produk hasil industri1, produk kriya industri2 maupun produk satuan.
  4. Produk yang didaftarkan bukan berupa PROTOTYPE dan saat ini sudah beredar di pasar maksimal dua tahun.
  5. Produk yang didaftarkan HARUS didesain oleh Desainer Indonesia (dibuktikan dengan kartu identitas).
  6. Produk dibuat dan/atau dipasarkan di Indonesia (dibuktikan dengan surat pernyataan).
  7. Khusus untuk produk yang dipasarkan di Indonesia dan termasuk dalam kategori Wajib SNI berdasarkan UU No. 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, Pasal 24 ayat (1) yang berbunyi "Dalam hal berkaitan dengan keselamatan, keamanan, kesehatan, atau pelestarian fungsi lingkungan hidup, kementerian/lembaga pemerintah nonkementerian berwenang menetapkan pemberlakuan SNI secara wajib dengan Peraturan Menteri atau Peraturan Kepala Lembaga Pemerintah Nonkementerian", harus melampirkan salinan sertifikat SNI saat pendaftaran online. Daftar 198 produk WAJIB SNI bisa dilihat di http://sispk.bsn.go.id/RegulasiTeknis/SniWajib.

Dokumen yang harus dipersiapkan dan dicantumkan secara online dalam bentuk:

  1. Tiga buah foto produk yang sama, dan diambil dari tiga sudut berbeda, dilampirkan secara online dalam bentuk .jpg, gif or png. Setiap file tidak boleh lebih dari 5 MB. Jika lebih dari 5 MB dan tidak dapat di upload secara online, maka peserta dapat mengirim foto/gambar melalui email gooddesign-indonesia@kemendag.go.id.
  2. Jika mendaftar lebih dari satu produk, maka terdapat tiga foto/gambar untuk masing-masing produk.
  3. Bukti kepemilikan produk atau surat perjanjian kerjasama antara desainer dan perusahaan yang memiliki hak produksi.
  4. Dokumen pendukung lain (jika ada) seperti Sertifikat SNI, Sertifikat Kekayaan Intelektual, Sertifikat kualitas produk, Dokumen Paten atau dokumen lainnya.

*) Data yang telah diberikan hanya dipergunakan dalam kegiatan Good Design Indonesia.


Ketentuan Lainnya

  1. Peserta harap memperhatikan timeline GDI yang diunggah pada situs ini terkait pengiriman dan pengembalian produk ke/dari panitia di Kemendag.
  2. Peserta yang lolos seleksi Tahap I agar mengirimkan produknya ke IDDC dalam rentang waktu yang sudah dijadwalkan panitia. Biaya pengiriman ke IDDC menjadi tanggung jawab peserta.
  3. Produk yang dikirimlan ke IDDC harus sama dengan foto produk yang didaftarkan secara online.
  4. Untuk produk yang fragile agar dikemas dengan baik selama periode pengiriman demi keamanan produk. Panitia Kemendag tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi selama pengiriman.
  5. Bagi peserta yang lolos seleksi Tahap II dan meraih gelar GDI of the Year ataupun GDI Best, produk akan tetap berada di IDDC hingga acara Penganugerahan GDI pada akhir bulan Juni 2020.
  6. Proses dan Biaya pengembalian produk kepada peserta menjadi tanggung jawab peserta/pemilik produk.
  7. Bagi peserta yang lolos seleksi Tahap II dan meraih gelar GDI, produk akan tetap berada di IDDC hingga akhir bulan Juli 2020, dalam rangka mengikuti acara Penganugerahan GDI tanggal 24 Juni 2020 dan pameran GDI tanggal 19 Juni - 9 Juli 2020 di Jakarta.
  8. Bagi peserta yang tidak lolos seleksi Tahap II, produk dapat diambil kembali di IDDC atau menggunakan jasa kurir yang diatur sendiri, dengan biaya pengemasan dan pengiriman yang ditanggung peserta. Pick up produk dapat dilakukan di IDDC selama 1 (satu) bulan setelah Pengumuman Hasil Penjurian Tahap II. Jika dalam waktu 1 (satu) bulan tidak diambil, maka Kemendag tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan produk yamg mungkin terjadi.
  9. Produk yang berhasil memenangkan penghargaan GDI 2020 tidak diperkenankan untuk diikutsertakan kembali pada kontes/ajang desain lainnya di Indonesia hingga bulan Juni 2021.

Saya setuju dengan syarat dan ketentuan

1. Produk Industri adalah produk yang diproduksi dengan mesin pabrikasi untuk mencapai standard yang sama.
2. Produk kriya adalah produk yang dihasilkan melalui keahlian baik manusia dan mesin untuk memperoleh standard yang sama.

Form Pendaftaran