Skip to main content

about us

Sambutan

Indonesia Design Development Center merupakan “wahana untuk berkolaborasi” bagi dunia usaha, desainer, asosiasi, dan juga akademisi dalam menciptakan produk berkualitas, bernilai tambah, dan berdaya saing;

Menteri

Sejarah

Ide untuk mendirikan IDDC berawal dari pertemuan antara Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian dan Menteri KUKM pada tahun 2014 dimana dalam pertemuan tersebut disetujui perlu adanya dukungan pemerintah dalam mewujudkan kerjasama antara desainer dan pelaku usaha dalam rangka menciptakan produk yang berdaya saing di pasar internasional. Pertemuan tersebut juga menjadi cikal bakal diadakannya studi banding ke Pusat pengembangan Desain di Jepang di tahun yang sama.

IDDC didirikan sebagai wadah kolaborasi antara pelaku usaha, desainer, asosiasi, akademisi dan industri untuk berinovasi dan menghasilkan produk yang kompetitif di pasar global

IDDC berada dibawah pengawasan Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan RI. 

Konsep IDDC

Identifikasi
  • Desain sebagai bentuk inovasi dan kreatifitas adalah peranan kunci dalam pengembangan produk.
  • Dukungan pemerintah yang masih terbatas terhadap desain.
  • Dengan penguasaan desain, Indonesia akan terlepas dari hanya mengandalkan ekonomi manufacturing serta berpotensi mendapatkan margin yang cukup besar dalam rantai nilai ekonomi.
Menciptakan produk berkualitas, bernilai tambah dan berdaya saing dalam menghadapi persaingan global.

Dasar Hukum

UU No.7/2014
Pasal 74
  • Pemerintah melakukan pembinaan terhadap Pelaku Usaha dalam rangka pengembangan Ekspor untuk perluasan akses Pasar bagi Barang dan Jasa produksi dalam negeri.
  • Pembinaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berupa pemberian insentif, fasilitas, informasi peluang Pasar, bimbingan teknis, serta bantuan promosi dan pemasaran untuk pengembangan Ekspor.

Tujuan IDC

Merupakan “wahana untuk berkolaborasi” bagi dunia usaha, desainer, asosiasi, dan juga akademisi dalam menciptakan produk berkualitas, bernilai tambah, dan berdaya saing ;
 

Masyarakat

Fasilitas yang bertujuan untuk menginspirasi dan merangsang pola pikir kreatif di dunia design Indonesia

Bisnis

Membangun kesadaran akan nilai design kepada masyarakat dan dunia bisnis mengenai pentingnya desain

Pengetahuan

Sebagai wadah stimulus yang mendidik dan memberikan pengalaman kepada penggunanya untuk memicu imajinasi mereka dalam berkarya

 

Pemangku Kepentingan

 

stakeholder

Fungsi

 
Pusat konsultasi desain

Pusat Konsultasi Desain

Menyediakan konsultasi langsung terkait desain dan akses ke sumber daya terkait desain. Dapat melayani keahlian di bidang desain produk, proses desain, hak desain, dan pengembangan usaha.

 
Pusat Pelayanan Desain

Pusat Pelayanan Desain

Menyediakan fasilitas dan ahli di bidang desain, prototyping, dan akses luas ke informasi yang dibutuhkan untuk proses desain.

Pencapaian

  • 2015 – 2017
  • 2017 – 2019
  • 2019 – 2024
 

milestone

Gedung BBPPEI:
Jl. Letjen S Parman No.112
Grogol - Jakarta Barat 114400
Whatsapp: (62) 08777 002 8008
Telp: (62) 08777 002 8008
Email: ditp2e@gmail.com
Hak Cipta 2016 milik IDDC